Deg degan juga saat mengantar tetangga pingsan

Deg degan juga saat mengantar tetangga pingsan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Ujungberung Kota Bandung. Saya tidak begitu mengenalnya, walaupun ia adalah tetangga di tempat kantor saya di daerah komplek perumahan di wilayah Arcamanik Bandung. Namun dari perawakannya, ia sepertinya berumur sekira 50-an.

Korban yang pingsan itu kata istrinya karena sakit maag. Ia baru pulang membawa mobil dari luar kota di wilayah priangan lalu langsung mandi, lalu setelah mandi ia minum kopi. Namun tak lama berselang mukanya terlihat pucat lalu pingsan.

Sebelumnya, Saya bersama kawan yang baru pulang pertemuan sekitar pukul 22.45 di sekitar kantor Saya terlihat banyak orang berkerumun. Lalu saya bertanya kepada satpam perumahan. Katanya menunggu kendaraan untuk membawa yang sakit ke UGD. Langsung saja saya menyanggupi untuk mengantarnya.

Saya tak sanggup membawa mobil sehingga yang “nyupir” saya serahkan ke kawan saya. Dengan mobil kecil yang hanya cukup empat orang penumpang saya mengantar yang sakit. Saya merasa kasihan kepada yang sakit karena harus melipat kakinya agar masuk mobil yang ditemani istrinya.

Sampai  di UGD RS Ujungberung saya langsung keluar mobil dan langsung menghubungi satpam Rumah Sakit untuk membantu menurunkan yang dalam kondisi pingsan. Alhamdulilah sampai di Rumah Sakit, dan saya meminta istrinya agar bisa segera ditangani oleh dokter.

Lalu saya pulang, sebelumnya mengantar kawan saya terlebih dahulu. Di perjalanan pulang saya masih kaget dan deg degan dengan peristiwa tadi. Saya teringat barusan saya menshare sebuah artikel di facebook yang berjudul “Sebelum Terlambat, Atasi Angin Duduk dengan Cara Ini”.

***

Dalam berita dari log.VIVA.co.id itu disebutkan bahwa angin duduk termasuk salah satu gangguan jantung, di mana terjadi sumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan pasokan oksigen dan aliran darah dalam tubuh menurun.

Beberapa gejala yang dirasakan penderita saat terjadi serangan, antara lain rasa sesak, nyeri dada, keringat dingin, nyeri ulu hati, perut kembung, mual dan muntah. Sayangnya, kurangnya pengetahuan membuat sebagian orang menganggap angin duduk sama dengan masuk angin biasa.

Padahal, jika penderita angin duduk tidak segera mendapatkan pertolongan dapat berakibat fatal. Benarkah begitu? Simak berikut ini penjelasannya.

Mengingat besarnya bahaya angin duduk, ada baiknya kita semua selalu waspada ketika mendapati keluarga atau tetangga yang terkena angin duduk. Kir-kira apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, cara yang paling tepat adalah membawa penderita ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat, namun jika lokasinya jauh, ada baiknya segera lakukan pertolongan. Lalu, upaya apa yang harus dilakukan untuk menolong penderita?

Atasi Angin Duduk Dengan 5 Cara Ini Sebelum Terlambat :

1. Bersikap tenang dan jangan panik
Ketika mendapati seseorang dengan gejala seperti disebutkan diatas, usahakan bersikap tenang dan jangan panik. Segera lakukan pertolongan dengan membaringkan tubuh penderita dalam posisi rileks. Sebisa mungkin batasi orang yang ada di sekitar penderita, agar penderita merasa nyaman.

2. Oleskan minyak angin
Mengoleskan minyak angin pada bagian tubuh, antara lain : perut, pinggang, punggung dan dada akan membuat tubuh penderita hangat dan pastinya mengurangi sesak nafas yang mengganggu penderita.

3. Kompres botol air hangat
Untuk mengurangi nyeri dada dan menghangatkan tubuh, Anda bisa mengisi botol kaca dengan air hangat. Kemudian gulingkan dari mulai dada hingga ke kaki secara berulang-ulang.

4. Minum obat
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi derita angina duduk adalah dengan minum obat yang mengandung nitroglycerin, karena zat yang terdalam obat ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat Antiplatelet yang berfungsi membantu melonggarkan aliran darah yang tersumbat dan mengurangi nyeri.

5. Periksakan ke dokter
Setelah kondisi penderita mulai tenang, segera bawa ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat untuk memastikan kondisi penderita.

Mencegah Angin duduk

Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Begitu juga dengan angina duduk yang seringkali menyebabkan kematian mendadak. Untuk mencegah penyakit angina susuk, Anda bisa lakukan 7 cara mudah berikut ini :

1. Banyak konsumsi buah dan sayuran berserat
2. Hindari makanan instan yang mengandung kadar kolesterol tinggi dan lemak
3. Kelola stress dengan baik dan jangan mudah marah
4. Olahraga rutin
5. Berhenti merokok
6. Kontrol kesehatan secara rutin ke dokter

Semoga informasi berjudul Atasi Angin Duduk Dengan 5 Cara Ini Sebelum Terlambat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

***

Akhirnya saya hanya bisa berdoa Semoga tetangga saya itu bisa cepat ditangani oleh dokter di UGD RS Ujungberung dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.  Semoga besok mendapat kabar baik dari keluarganya. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s